Ekonomi & Pariwisata
Tiga Tahun Hadir sebagai Pembayaran Digital, AstraPay Catat 10 Juta Pengguna
Denpasar, Balinesia.id – Meski baru berumur tiga tahun sebagai aplikasi pembayaran digital AstraPay terus menunjukkan kinerja positif dengan mencatat sebanyak 10 juta pengguna.
Capaian iitu terus tumbuh positif juga ditunjukkan dengan pertumbuhan nilai gross transaction value (GTV)* sampai dengan Juni 2023 sebesar Rp51.8 triliun.
Chief Executive Officer (CEO) AstraPay, Rina Apriana menyebutkan, ada kenaikan 4 kali lipat dibanding pencapaian di Juni 2022.
- Bukan Pertama Kali, Kini Bank Mandiri Kembali Rebut Penghargaan dari FinanceAsia
- Tingkatkan Kepedulian Mahasiswa, BKKBN Bali Adakan Pembinaan Mahasiswa Peduli Stunting
- BKKBN Bali dan FKUB Berkovergensi Dalam Penurunan Stunting Bagi Remaja dan Catin di Pulau Dewata
AstraPay merupakan platform e-money dan digital payment bagian dari Grup Astra, membukukan pertumbuhan kinerja positif sejak beroperasi di Februari 2020 hingga pertengahan tahun 2023.
Tidak hanya itu, pertumbuhan juga dapat dilihat dari jumlah pengguna yang telah terdaftar di aplikasi AstraPay. Tercatat sampai saat bulan Juni 2023, telah mencapai lebih dari 10 juta pengguna.
"Jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2022 pertumbuhan ini meningkat 2 kali lipat," ungkap Rina Apriana ," ungkap Rina Apriana didampingi Chief Marketing Officer (CMO) AstraPay, Reny Futsy Yama, dalam keterangan resminya di Denpasar Selasa 18 Juli 2023.
- Melangkah Bersama: Bank Mandiri dan Ruang Guru Tangkap Potensi Ekosistem Pendidikan
- HUMI Siap Jadi Pemain Utama Bidang Maritim Lewat Penawaran Saham Perdana
- BRINITA di Bali, BRI Jadikan Desa Padangsambian Klod sebagai Kawasan Edukasi dan Wisata
Pertumbuhan kinerja ini didukung dengan perubahan perilaku konsumen dalam bertransaksi.
Kemudian, inklusi pembayaran digital yang meningkat di masyarakat Indonesia mendorong pertumbuhan nilai GTV AstraPay yang meningkat secara signifikan.
Dalam kerangka mendotong pertumbuhan nilai GTV AstrapPay, menjadi motivasi perusahaan untuk kembali berpartisipasi sebagai sponsor utama di Sanur Village Festival 2023.
Dukungan terhadap ajang bergengsi itu diharapkan dapat meningkatkan literasi keuangan masyarakat Bali dengan memberikan pengalaman bertransaksi digital yang mudah, nyaman dan tentunya memberikan banyak keuntungan sepanjang acara.
Acara besar seperti ini merupakan salah satu media promosi yang sangat bermanfaat bagi AstraPay untuk mengedukasi masyarakat mengenai kenyamanan bertransaksi secara digital.”
Kata Rina Apriana, even ini juga bermanfaat bagi para UMKM yang berpartisipasi di acara ini.
Diharapkan, UMKM dapat memanfaatkan pembayaran secara digital ini, sehingga dapat bertransaksi tanpa memikirkan masalah uang kembalian ataupun uang hilang, serta seluruh transaksi dapat tercatat dengan rapih dan lengkap.
"Uang hasil penjualan akan masuk langsung ke rekening penjual,” sambungnya.
Diketahui, pada 17 Juli 2023 kemarin, AstraPay bersama dengan penyelenggara telah mengadakan press conference di Yayasan Pembangunan Sanur sekaligus menyatakan komitmennya untuk terus mendukung pembayaran digital di seluruh masyarakat Bali dengan memberikan promosi yang menarik.
Promosi mulai dari pembelian atau pembayaran harian seperti listrik, pulsa, atau paket data hingga penawaran khusus di angsuran, servis untuk motor dan mobil di seluruh Grup Astra.
Pada kesempatan sama, Chief Marketing Officer (CMO) AstraPay, Reny Futsy Yama, menuturkan target transaksi menggunakan AstraPay pada acara kali ini yaitu 50.000 transaksi yang akan datang dari pembelian makanan, minuman dan tiket masuk.
Harapnnya, ajang ini, AstraPay juga turut mengedukasi para UMKM untuk menggiatkan transaksi digital agar para pengusaha dapat mempunyai catatan transaksi keuangan yang valid sehingga dapat digunakan sebagai dokumen pendukung yang akan mempermudah pembisnis mendapatkan permodalan dari institusi keuangan.
“Kemudahan transaksi menjadi satu hal penting dalam sebuah event. AstraPay sebagai sponsor utama memberikan berbagai promo mulai dari pembelian tiket offline dengan potongan Rp 5 ribu,” sebut Reny.
Promo menarik lainnya adalah voucher cashback sebesar total Rp 250 ribu untuk setiap user yang melakukan top up saldo AstraPay minimal sebesar Rp 100.000, juga terdapat cashback sebesar 20% untuk seluruh transaksi menggunakan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) di AstraPay Sanur Village Festival 2023. ***