Ekonomi & Pariwisata
Mitra Driver Gojek Habiskan Paket Pulsa Swadaya Capai 7,41 juta GB Tiap Bulannya
Denpasar, Balinesia.id - Secara nasional, selama tujuh tahun Gojek Swadaya berjalan ditemukan fakta menarik bahwa pulsa merupakan kebutuhan fundamental mitra driver, dengan total kuota yang dibeli mitra driver melalui Paket Pulsa Swadaya capai 7,41 juta GB tiap bulannya.
VP Gojek untuk Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara, Jeffry Johannes mengungkapkan ratusan ribu mitra driver Gojek mengikuti program Gojek Swadaya yang konsisten dilaksanakan hingg kini memasuki tahun ke-7.
Hal itu “Sejalan dengan tiga strategi Gojek di 2023 untuk terus menjadi layanan on-demand andalan dari Grup GoTo, Gojek Swadaya merupakan bagian integral dari strategi jangka panjang untuk mendukung mitra driver.
"Bersama Gojek Swadaya, mitra driver mendapatkan banyak manfaat bagi dirinya dan keluarga" turut Jeffry Johannes dari keterangan tertulis Rabu 24 Mei 2023.
Voucer perawatan kendaraan yang paling banyak digunakan mitra driver adalah oli, dengan total oli yang digunakan mitra driver dari Paket Swadaya sebanyak 37,3 ribu liter.
Terdapat berbagai jenis sembako yang didukung oleh Gojek Swadaya, mulai dari beras, minyak, hingga paket makanan terjangkau.
Lebih dari 240.000 mitra driver dan keluarga mempunyai akses untuk hidup yang lebih baik melalui program tabungan dan asuransi termasuk BPJS, Kredit Pemilikan Rumah (KPR) terjangkau, dan beasiswa anak mitra.
Gojek, layanan on-demand dari Grup GoTo, umumkan capaian Program Gojek Swadaya, yakni program eksklusif untuk meringankan beban operasional mitra driver dan keluarganya.
Diluncurkan pada 2016, Gojek Swadaya telah dimanfaatkan oleh lebih dari 450 ribu mitra driver per bulannya dan membantu mereka menghemat hingga 15% dari biaya operasional sebagai mitra driver.
Jaminan Kecelakaan Kerja & Kematian dari BPJS Ketenagakerjaan di Gojek Swadaya menjadi inisiatif pertama di industri yang menghubungkan asuransi ketenagakerjaan dengan mitra driver. Selain itu, BPJS Ketenagakerjaan menjadi produk finansial Swadaya dengan pendaftar terbanyak.
Melalui fitur Tips Pintar di aplikasi GoPartner, lebih dari 400 ribu mitra driver telah melek keuangan dengan berbagai modul ilmu finansial yang banyak diminati mitra driver.
Memasuki tahun ketujuh pelaksanaan program Swadaya, Gojek terus berinovasi dan menyempurnakan program Swadaya yang dihadirkannya. Caranya, dengan menyesuaikan kebutuhan mitra yang ada di setiap daerah. Di Bali, program swadaya Gojek yang dihadirkan melalui:
Swadaya maintenance berpartner dengan Planet Ban, Speed work, Ahass dan bengkel lokal untuk menyediakan spare part dengan harga terjangkau mulai dari ban, oli, service, nitrogen, dan lainnya.
Swadaya bazaar: bekerja sama dengan puluhan merchant di Bali untuk menghadirkan harga khusus dalam memenuhi kebutuhan suku cadang kendaraan, dan juga menyediakan sembako murah pada event tertentu yang bisa dimanfaatkan oleh para mitra driver.
Terbaru, Gojek juga akan menambah fasilitas di “rumah mitra” yang berada di kantor operasional Gojek Surabaya dengan adanya outlet reparasi dan pencucian helm express dan akan mulai beroperasi di bulan Jui 2023.
District Head Bali Gojek, Rayi Bimantara mengatakan, “Kesejahteraan mitra driver selalu menjadi perhatian utama kami. Karena itu kami menghadirkan program Swadaya yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan mitra kami yang ada di Bali. Harapannya para mitra dapat memanfaatkan program ini dan juga beragam potongan harga yang kami berikan, guna meringankan beban operasional mereka sehari -hari.”
Selain itu, khusus pada bulan Ramadan lalu Gojek juga menghadirkan inisiatif yakni program Swadaya Mudik, yang dihadirkan khusus bagi para mitra driver Gojek dalam mempersiapkan diri untuk pulang ke kampung halaman jelang Hari Raya Idul Fitri. Melalui program ini, Gojek bersama para Partner Swadaya, menghadirkan diskon perawatan kendaraan bermotor serta diskon khusus untuk transportasi, akomodasi, hingga makanan melalui Tokopedia.
“Khusus di bulan Ramadan lalu, Gojek juga menghadirkan program Swadaya Mudik, yakni program persiapan mudik maupun bazar barang bahan pokok bagi mitra driver Gojek di bulan Ramadan. Selain itu, Gojek juga telah memfasilitasi pelaksanaan bakti sosial Ramadan yang merupakan inisiatif independen lebih dari 300 komunitas mitra driver di 25 Kota/Kabupaten se-Indonesia. Ragam program ini merupakan bagian dari rantai kebaikan Gojek dan mitra driver untuk #LengkapiRamadan kepada masyarakat Indonesia,” lanjut Rayi.
Kesejahteraan mitra driver menjadi kunci utama Gojek dalam terus memberikan dampak perekonomian yang maksimal di Indonesia, sebagaimana tercermin dari Riset LPEM FEB UI yang menunjukkan kehadiran Grup GoTo mampu menciptakan kesempatan kerja, menekan angka kemiskinan dan menurunkan kesenjangan pendapatan di kota-kota operasional GoTo.
“Faktor kesuksesan program Gojek Swadaya karena program ini sangat mudah dijangkau, cukup melalui fitur di aplikasi mitra driver Gojek yakni GoPartner. Agar tepat sasaran, setiap program melibatkan diskusi dua arah untuk menyesuaikan dengan kebutuhan mitra driver di masing-masing daerah, melalui kanal komunikasi seperti Kopdar (kopi darat).”Tutup Jeffry.
***
Tentang Gojek
Gojek adalah platform on-demand terkemuka di Asia Tenggara dan pelopor model ekosistem multi-layanan, termasuk transportasi, pengiriman makanan, logistik, dan lainnya. Gojek didirikan dengan prinsip memanfaatkan teknologi untuk mempermudah kehidupan sehari-hari dengan menghubungkan konsumen ke penyedia barang dan jasa terbaik di pasar.
Perusahaan ini didirikan tahun 2010 dengan fokus pada layanan kurir pengantaran barang dan transportasi roda dua, sebelum meluncurkan aplikasi pada 2015 di Indonesia. Sejak itu, Gojek berkembang menjadi platform on-demand terkemuka di Indonesia dengan penambahan wilayah operasi di Vietnam dan Singapura. Saat ini, Gojek memiliki 2,6 juta mitra driver. Gojek merupakan bagian dari GoTo Group, ekosistem digital terbesar di Indonesia, yang terdiri dari Gojek, Tokopedia, dan GoTo Financial.
Gojek berkomitmen selalu menghadirkan solusi guna memecahkan masalah yang dihadapi masyarakat sehari-hari, sekaligus membantu meningkatkan kualitas hidup jutaan pengguna aplikasi Gojek di Asia Tenggara, khususnya di sektor informal dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). ***