Ekonomi & Pariwisata
5 Strategi Pemasaran untuk Gaet Kepercayaan Investor
JAKARTA - Anda tentu memahami bahwa investor memiliki peran krusial dalam kesuksesan perusahaan. Oleh karena itu, penting bagi perusahaan untuk melakukan langkah-langkah yang salah satunya melalui strategi pemasaran.
Mengingat perbedaan pemahaman dan keyakinan pemasaran di kalangan investor, penting bagi tim pemasaran untuk berkolaborasi dengan investor secara individual.
Berikut ini 5 strategi pemasaran untuk gaet kepercayaan investor dari laman Entepreneur.com:
- Kenali Bahaya Konsumsi Daging Anjing Bagi Kesehatan Manusia
- Tips Besarkan Anak Agar Mandiri dari Ahli
- Ternyata Begini Pentingnya UMR Bagi Karyawan
Strategi Pemasaran untuk Raih Kepercayaan Investor
1. Riset Pasar yang Mendalam
Membangun strategi pemasaran yang efektif bisa dimulai dengan pemahaman mendalam terhadap pasar. Sehingga, tim pemasaran perlu menunjukkan kepada investor bahwa strategi dan pelaksanaan mereka didasarkan pada penelitian kuantitatif dan kualitatif, menciptakan dasar yang kuat.
2. Libatkan Investor dalam Media Sosial
Memanfaatkan pengaruh investor di media sosial, terutama di platform seperti LinkedIn, dapat menjadi langkah efektif. Tim pemasaran dapat mengajak investor untuk berpartisipasi dalam promosi melalui media sosial, seperti posting terkait pendanaan, penunjukan eksekutif, atau peluncuran produk.
3. Analisis Pesaing
Melakukan analisis mendalam terhadap kegiatan pemasaran pesaing dan mengidentifikasi praktik terbaik dapat membantu tim pemasaran mengembangkan strategi yang lebih efektif. Informasi ini juga dapat dibagikan kepada investor untuk meningkatkan transparansi.
4. Ukur ROI dari Setiap Kegiatan Pemasaran
Menetapkan indikator kinerja utama (KPI) dan mengukur Return on Investment (ROI) memberikan gambaran kuantitatif terkait efektivitas program pemasaran. Meskipun beberapa kegiatan sulit diukur, tim pemasaran harus kreatif dalam mengembangkan metrik yang relevan.
5. Sambungkan Pemasaran dengan Generasi Lead
Investor sering melihat pemasaran sebagai alat untuk membangun kesadaran merek, namun, penting untuk menekankan peran pemasaran dalam menghasilkan prospek dan penjualan. Melibatkan investor dalam upaya generasi lead dapat memperkuat keterlibatan mereka dalam strategi pemasaran.
- 4 Tips Untuk Keuangan Lebih Sehat di 2024
- 5 Makanan Ini Ternyata Hasil Akulturasi Budaya
- Tips Merawat Tanaman Hias dalam Ruangan
Melalui pendekatan ini, perusahaan dapat membangun hubungan yang kuat dengan investor, meningkatkan visibilitas di pasar, dan memastikan keberlanjutan pertumbuhan. Menunjukkan efektivitas program pemasaran kepada investor akan memudahkan tim pemasaran untuk merencanakan strategi dengan baik, melakukan riset mendalam, mengukur hasilnya, dan siap mengatasi pertanyaan investor.
Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Rumpi Rahayu pada 22 Jan 2024