Ekonomi & Pariwisata
3 Cara Agar Bisnis Penginapan Dapat Ulasan Bagus di Internet
JAKARTA – Google/Oxera research menemukan bahwa lebih dari 70% konsumen memilih hotel berdasarkan ulasan baik di internet. Itu artinya, semakin banyak ulasan yang diterima, hal ini secara efektif dapat membantu meningkatkan jumlah pemesanan hotel.
Sebab, manajemen hotel menjadi memiliki kemampuan untuk menonjolkan ulasan positif dari tamu dan cara menanggapi ulasan negatif. Mengutip laporan Google Indonesia, Kamis, 25 Januari 2024, berikut tips yang dapat dilakukan untuk mendapatkan dan memanfaatkan ulasan tamu.
Cara Meraih Ulasan Positif dari Tamu pada Bisnis Penginapan Anda
1. Tampilkan ulasan
Manfaatkan profil Google Bisnisku untuk mulai berinteraksi langsung dengan tamu maupun calon tamu. Di sini, para tamu bisa berbagi pengalaman mereka melalui peringkat bintang, ulasan, dan foto yang akan muncul ketika calon tamu melakukan pencarian di Maps maupun Penelusuran.
Di masa pandemi ini, fitur ulasan juga dapat menunjukkan ulasan konsumen terhadap penerapan protokol kesehatan. Sehingga dapat menjadi pertimbangan bagi calon tamu yang akan menginap.
- Inilah 5 Level Bodo Amat yang Dapat Mengubah Hidup Anda
- Sering Bikin Bingung, Kenali Perbedaan Antara Asuransi Jiwa dan Asuransi Kesehatan
- Bersilaturahmi dengan Nasabah di Magelang, Presiden Joko Widodo Apresiasi Kinerja PNM Mekaar
2. Permudah proses pemberian ulasan
Semakin mudah proses pemberian ulasan, semakin besar kemungkinan para tamu melakukannya. Permudah mereka menemukan hotel Anda di Penelusuran dengan mengisi sebanyak mungkin informasi di profil Google Bisnisku.
Anda juga dapat mengirimkan email berisi ucapan terima kasih karena telah menginap dan meminta mereka untuk memberikan ulasan dengan membuat dan membagikan tautan ulasan profil Google Bisnisku milik Anda.
3. Bersikap responsif
Anda akan menerima pemberitahuan setiap kali mendapat ulasan dari tamu. Ini merupakan kesempatan untuk berinteraksi dengan tamu dengan memberikan solusi untuk masalah atau dengan mengucapkan terima kasih.
Cara ini akan meningkatkan loyalitas dan kepercayaan mereka. Anda harus berusaha menanggapi semua ulasan dalam waktu 24 jam dan jangan pernah mengabaikan atau menolak masukan negatif.
Cara Menangani Ulasan Negatif pada Bisnis Penginapan
- Jangan panik saat menerima ulasan negatif
- Evaluasi situasi dengan melihat waktu tamu menginap dan berinteraksi dengan seluruh pegawai hotel
- Tanggapi ulasan negatif dengan cepat untuk menenangkan tamu dan meyakinkan tamu di masa mendatang bahwa masalah yang sama tidak akan menimpa mereka
- Segera lakukan perbaikan jika diperlukan
- Tandai ulasan tidak pantas yang melanggar kebijakan Google
- Ingatlah bahwa calon tamu dapat membaca ulasan dan balasan Anda dan mungkin memutuskan apakah akan tetap menginap berdasarkan cara Anda berinteraksi dengan pelanggan yang memberi ulasan negatif
Ulasan positif dan negatif dibangun dari mulut ke mulut, itulah sebabnya rekomendasi yang menyenangkan harus menjadi bagian penting dari strategi pemasaran para pebisnis perhotelan.
- Kenali Apa Itu Carbon Capture and Storage dan Manfaatnya Bagi Lingkungan
- Di Hadapan Ribuan Jamaah, Gus Iqdam Pasang Badan untuk Prabowo Gibran
- Berbagai Isu yang Jadi Sorotan Generasi Z dan Milenial dalam Pemilu 2024
Semakin banyak ulasan yang dimiliki, semakin besar kesempatan untuk menjangkau wisatawan yang mencari tempat menginap di Google.
Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Ananda Astri Dianka pada 27 Jan 2024